PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN GEOBOARD DAN MEDIA TANGRAM PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Pondriyanti, Jesica and Muchlis, Effie Efrida and Agus, Susanta (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN GEOBOARD DAN MEDIA TANGRAM PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_JESICA PONDRYANTI_A1C014028.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas VII.7 sebagai kelas eksperimen 1 dengan peserta didik yang berjumlah 32 orang yang mendapat perlakuan media pembelajaran geoboard dan VII.6 sebagai kelas eksperimen 2 dengan peserta didik yang berjumlah 32 orang yang mendapat perlakuan media pembelajaran tangram. Teknik pengumpulan data diambil melalui post-test dengan menggunakan lembar tes berupa soal essay. Analisis data menggunakan uji-t dengan data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran geoboard lebih dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Tangram. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 1 adalah 58.56 dan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 2 adalah 47.24. Hal ini sesuai dengan hasil uji hipotesis nilai thitung yaitu 5.44 dengan taraf nyata (α) = 5% dan dk = 62 menghasilkan ttabel yaitu 1,671, jadi thitung>ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan media pembelajaran geoboard lebih dari rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran tangram di kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Geoboard, Tangram.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:50
Last Modified: 24 Jul 2023 08:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13886

Actions (login required)

View Item View Item