INVESTIGASI KEMAMPUAN PLATE TEKTONIK UNTUK MENGUMPULKAN ENERGI (INTRA-PLATE TECTONIC COUPLING) DI DAERAH BAGIAN SELATAN ZONA SUBDUKSI SUMATRA

Nopitasari, Titik (2016) INVESTIGASI KEMAMPUAN PLATE TEKTONIK UNTUK MENGUMPULKAN ENERGI (INTRA-PLATE TECTONIC COUPLING) DI DAERAH BAGIAN SELATAN ZONA SUBDUKSI SUMATRA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
Skripsi Titik Nopitasari_F1C012001.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Gempa bumi di Sumatra tidak bisa dilepaskan dari aktivitas zona subduksi Sumatra. Banyak penelitian tentang kegempaan yang dilakukan di Sumatra khususnya di Sumatra bagian tengah sampai utara. Namun untuk wilayah Sumatra bagian selatan belum ada penelitian tentang potensi kegempaan atau investigasi interplate coupling (IC) sehingga penelitian ini perlu untuk dilakukan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kecepatan pergerakan tumbukan antar lempeng dan potensi IC di zona subduksi Sumatra bagian selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode inversi Akaik e’s Bayesian Information C rit erior (ABIC) dengan menggunakan data Global Positioning System (GPS). Selanjutnya mencari resolusi terbaik dengan menggunakan data stasiun GPS dan model checkerboard test. Resolusi rendah berada di sekitar trench, karena tidak terdapatnya data diwilayah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian kecepatan tumbukan antar lempeng di wilayah bagian selatan zona subduksi Sumatra yaitu sampai 4.7 cm/tahun. Akumulasi energi terbesar diperkirakan terjadi di sekitar Pulau Enggano dengan nilai IC sampai 78%. Potensi IC maksimum ini konsisten terhadap gempa 2000 di sekitar Pulau Enggano dengan kekuatan Mw 7.9 yang mengakibatkan kerusakan yang cukup parah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut boleh jadi gempa bumi pada tahun 2000 terulang kembali di sekitar Pulau Enggano. Hasil penelitian ini dimaksudkan untuk memungkinkan pemerintah dan masyarakat khususnya di sekitar Enggano untuk tetap waspada terhadap gempa bumi yang diperkirakan dan dapat melakukan upaya mitigasi bencana. Penelitian ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tentunya dengan data yang lebih banyak dan terdistribusi di selatan Sumatra. Kata Kunci: Interplate Coupling (IC), Metode inversi ABIC, GPS, Gempa Bumi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 03 Nov 2017 01:44
Last Modified: 03 Nov 2017 01:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13888

Actions (login required)

View Item View Item