UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 11 KOTA BENGKULU

Novianita, Lizza and Susanta, Agus and M., Fachruddin (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI LIZZA NOVIANITA .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif learning tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 11 Kota Bengkulu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017 yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran melalui model kooperatif learning tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari nilai hasil observasi aktivitas belajar matematika siswa siklus I yaitu 19,67 (kriteria cukup), siklus II yaitu 23,17 (kriteria baik), siklus III 26,17 (kriteria baik). Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I yaitu 67,40; siklus II yaitu 75,47; dan siklus III mengalami peningkatan yaitu 82,34 serta ketuntasan belajar klasikal siklus I, siklus II, siklus III secara berurut adalah 44%, 50%, dan 81,25%. Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, kooperatif learning tipe Think Pair Share (TPS).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 09:01
Last Modified: 27 Jul 2023 03:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13889

Actions (login required)

View Item View Item