UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI BILANGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) PADA KELAS VII SMP N 21 KOTA BENGKULU

Sutikno, Lugu and Dewi, Herawaty and Agus, Susanta (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI BILANGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) PADA KELAS VII SMP N 21 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi LUGU SUTIKNO.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah Kelas VII.7 SMP N 21 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 28 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 14 dan siswa perempuan berjumlah 14. Proses yang dilakukan oleh peneliti yaitu guru memberikan suatu contoh soal cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Guru membentuk kelompok belajar yang terdiri 4-5 orang. Pembentukan kelompok ini bervariasi didasarkan pada kemampuan (hasil tes awal) dan jenis kelamin. Guru membantu membantu kelompok yang mengalami kesulitan dan mengamati kegiatan diskusi dalam menyelesaikan masalah. Guru meminta salah satu kelompok siswa untuk mempresentasikan hasil kerja didepan kelas. Pada proses pembelajaran matematika di kelas akan sangat ditentukan oleh pandangan seorang guru dan keyakinannya terhadap matematika itu sendiri. Guru berperan sebagai fasilitator dan motivator dalam mengoptimalkan belajar siswa (Herawaty dkk, 2016:41). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBI (Problem Based Instruction) dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan nilai yaitu pada siklus I aktivitas siswa berada pada kategori kurang aktif dengan skor rata-rata 10,5. Pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi cukup aktif dengan skor rata-rata 15,5. Kemudian pada siklus III aktivitas siswa meningkat menjadi aktif dengan skor rata-rata 21 dan penerapan model PBI (Problem Based Instruction) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai yaitu pada siklus I, nilai rata-rata siswa yaitu 60,56 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 33,33%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,11 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 77,78%. Kemudian pada siklus III, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84,81 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 92,59%. Kata Kunci: Aktivitas; PBI (Problem Based Instruction); Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 09:04
Last Modified: 24 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13890

Actions (login required)

View Item View Item