PERSEPSI FOLLOWERS TENTANG GAYA HIDUP HEDONISME PADA INSTAGRAM JAJANAN SULTAN

MAHMOEDDIN, IVAN VALDI and Mas, Agus Firmansyah and Eka, Vuspa Sari (2023) PERSEPSI FOLLOWERS TENTANG GAYA HIDUP HEDONISME PADA INSTAGRAM JAJANAN SULTAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI IVAN VALDI MAHHMOEDDIN D1E01085 - Ivan valdi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Gaya hidup hedonisme merupakan suatu dorongan individu untuk berperilaku dengan memegang prinsip kesenangan. Instagram Jajanan Sultan adalah salah satu konten kreator yang mengulas tentang mainan mahal. Persepsi sendiri berarti proses di mana followers Instagram Jajanan Sultan memilih, mengatur dan menerjemahkan masukan informasi untuk menciptakan gambaran dunia yang berarti, persepi tidak hanya tergantung pada rangsangan fisik, tetapi juga pada hubungan rangsangan terhadap bidang yang mengelilinginya dan kondisi di dalam setiap dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi followers tentang gaya hidup hedonisme pada Instagram Jajanan Sultan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) komponen kognitif berupa gambaran yang dipercayai oleh individu, dalam hal ini berupa penilaian terhadap perilaku, dalam hal ini followers Intagram Jajanan Sultan menilai bahwa Intagram Jajanan Sultan baik postingan, konten bahkan ulasannya berkaitan dengan mainan mahal sangat disukai oleh followers, (2) pada komponen afektif berupa perasaan yang membawa emosional, berupa perasaan-perasaan luapan seperti mencintai, yang dalam hal ini followers Intagram Jajanan Sultan sangat mencintai action figure atau mainan mahal sehingga ia perlu untuk menabung lalu membeli mainan mahal tersebut. Apalagi setelah mainan mahal tersebut sudah diulas oleh Intagram Jajanan Sultan maka perasaan ataukeingginan tersebut semakin tinggi, dan (3) komponen konatif berupa tindakan sesuai sikap dan kepercayaan yang dimiliki berupa ungkapan kecintaan terhadap sesuatu yang diinginkan. Dalam hal ini followers menggambarkan bahwa dirinya telah mengungkapakan rasa kecintaannya dengan melakukan suatu hal tindakan berupa membeli mainan mahal yang ia sukai setelah diulas oleh Intagram Jajanan Sultan. Konatif merupakan wujud dari kognisi dan afeksi dalam bentuk tingkah laku, sehingga melakukan tindakan membeli mainan mahal merupakan aspek dari konatif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:55
Last Modified: 25 Jul 2023 01:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13896

Actions (login required)

View Item View Item