PERAN KONSULTAN POLITIK DALAM MEMBERIKAN ADVICE KEMENANGAN PADA PILKADA KABUPATEN SELUMA 2020 (STUDI PADA LEMBAGA RAFLESIA RISET PARAMETER DALAM MEMENANGKAN KANDIDAT PASANGAN CALON ERWIN OKTAVIAN – GUSTIANTO)

Olivia, Muhammad Reza and Alfarabi, Alfarabi and Lisa, Adhrianti (2023) PERAN KONSULTAN POLITIK DALAM MEMBERIKAN ADVICE KEMENANGAN PADA PILKADA KABUPATEN SELUMA 2020 (STUDI PADA LEMBAGA RAFLESIA RISET PARAMETER DALAM MEMENANGKAN KANDIDAT PASANGAN CALON ERWIN OKTAVIAN – GUSTIANTO). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi m reza oivia - muhammad reza.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Lemba Konsultan politik adalah sebutan sebuah lembaga yang di isi orang orang professional yang memiliki keahlian dalam merekomendasikan dan menjalankan taktik kampanye demi kemenangan seorang calon atau parpol dalam sebuah pemilu (Afiah, 2015: 1 ). Fenomena konsultan politik yang semakin ramah dikalangan kontestasi politik, menjadikan posisi konsultan politik menjadi berbanding lurus dengan banyaknya jumlah kandidat yang ikut serta dalam pemilihan umum tak terkecuali dalam pemilihan kepala daerah. Hal ini menjadikan keberadaan konsultan politik pun semakin menjamur di ranah perpolitikan. Raflesia Riset Parameter merupakan lembaga yang terbilang masih muda di Provinsi Bengkulu. Meskipun lembaga yang masih muda namun Raflesia Riset Parameter sudah mendapat kepercayaan dari kandidat untuk turut andil dalam kontestasi Pilkada serentak tahun 2020. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran konsultan politik lembaga raflesia riset parameter dalam memberikan advice kemenangan pada pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Erwin Octavian dan Gustianto. . Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini yaitu Lembaga Raflesia Riset Parameter. Aspek pada penelitian ini, yakni peran konsultan politik dalam memberikan advice kemenangan terhadap pasangan calon bupati dan wakil bupati erwin oktavian dan gustianto dalam pilbub seluma 2020

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:15
Last Modified: 25 Jul 2023 02:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13897

Actions (login required)

View Item View Item