PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU

Agustina, Miska and Hanifah, Hanifah and Nurul, Astuty Yensy (2018) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_MISKA AGUSTINA_A1C013067.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik berbantuan LKPD. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Kota Bengkulu semester ganjil 2017 / 2018 yang berjumlah 24 siswa. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu perencanaan, tindakan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ), Lembar Observasi Aktivitas Siswa dan Tes Hasil Belajar. Hasil Penelitian menunjukkan ( 1 ) penerapan pendekatan saintifik berbantuan LKPD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara : menggunakan model pembelajaran Kooperatif dalam proses belajar mengajar. Melatih keberanian dalam mempresentasi hasil diskusi kelompok, memberikan motivasi kepada siswa dan mengarahkan siswa dalam mengerjakan LKS dari kegiatan menanya sampai mengkomunikasikan. Peningkatan Aktivitas siswa dapat dilihat dari rata – rata skor pada lembar aktivitas siswa yang dapat dilihat dari siklus I, II dan II secara berturut – turut 9,6 dengan kategori kurang aktif, 9,8 dengan kategori kurang aktif, 17,75 dengan kategori aktif. ( 2 ) penerapan pendekatan saintifik berbantuan LKPD memberikan bimbingan kepada siswa yang belum tuntas pada tiap siklus. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata – rata siswa dan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga Siklus III secara berturut – turut 56,75 dengan persentase ketuntasan 20,83%, 41,20 dengan persentase ketuntasan 38,87%, dan 59,83 deengan persentase ketuntasan 70,83%. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, LKS, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:55
Last Modified: 25 Jul 2023 06:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13902

Actions (login required)

View Item View Item