PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DAN TIPE THINK PAIR SQUARE DI KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Azizi, Nidaul and Fachruddin, M. and Effie, Efrida Muchlis (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DAN TIPE THINK PAIR SQUARE DI KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
NIDAUL AZIZI_A1C014045_PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe PC lebih dari hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq di kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 dengan peserta didik yang berjumlah 32 peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran Pair Check (PC) dan Kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2 dengan peserta didik yang berjumlah 28 peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran Think Pair Square (TPSq). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar berupa soal essai. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung yaitu 5,0615 dengan taraf nyata = 5% dan dk = 55 menghasilkan ttabel yaitu 1,7025 jadi thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe PC lebih dari hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq di kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check (PC), Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPSq)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:58
Last Modified: 25 Jul 2023 06:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13903

Actions (login required)

View Item View Item