PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DI SMPN 21 KOTA BENGKULU

Mutiara, Petty and Hanifah, Hanifah and Syafdi, Maizora (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DI SMPN 21 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_PETTY MUTIARA_A1C014067.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran auditory intellectualy repetition (AIR) dengan model pembelajaran matematika realistik (PMR) pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperiment (Eksperimen Semu) dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 21 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII 2 sebagai kelas Eksperimen 1 dan VII 3 sebagai kelas Eksperimen 2, serta kelas VII 6 sebagai kelas uji coba. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa tes akhir (posttest) yang berbentuk tes essay. Instrumen penelitian telah divalidasi dengan uji ahli. Instrument tes akhir diujicobakan di kelas uji coba, lalu dilakukan analisis dengan uji validasi (empiris), uji reliabilitas, uji taraf kesukaran dan uji daya pembeda soal untuk memilih soal yang dianggap baik untuk dijadikan soal tes akhir. Hasil tes akhir menunjukkan kelas Eksperimen 1 (PMR) dengan jumlah siswa 26 orang siswa, memperoleh rata-rata hasil belajar matematika 72,19 dan varians 290,482. Sedangkan kelas Eksperimen 2 (AIR) dengan jumlah siswa 28 orang siswa, memperoleh rata-rata hasil belajar matematika 64,32 dan varians 319,782. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis uji hipotesis menggunakan uji-t untuk sampel independen, diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition (AIR) dengan model pembelajaran matematika realistik (PMR) di SMPN 21 Kota Bengkulu.. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Matematika Realistik, Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:18
Last Modified: 25 Jul 2023 07:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13909

Actions (login required)

View Item View Item