PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PHET INTERACTIVE SIMULATIONS DAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA 3 MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU

Pratiwi, Dian and Bahar, Amrul (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PHET INTERACTIVE SIMULATIONS DAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA 3 MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI DIAN PRATIWI FKIP KIMIA 2016.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di kelas XI IPA 3 MAN 1 Model Kota Bengkulu tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, di mana setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan test yaitu berupa post test, lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta penilaian psikomotorik dan afektif siswa. Dari hasil penelitian telah terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar kimia siswa dengan hasil sebagai berikut: untuk aktivitas guru pada siklus I : 25,5 dengan kriteria cukup ; siklus II : 30,5 dengan kriteria baik ; siklus III : 35,5 dengan kriteria baik , aktivitas siswa pada siklus I : 24,3 dengan kriteria kurang ; siklus II : 31,3 dengan kriteria cukup ; siklus III : 39,3 dengan kriteria baik. Hasil belajar kognitif pada siklus I diperoleh daya serap 60,2%, ketuntasan belajar 42,9% dan penilaian psikomotorik siswa diperoleh ketuntasan belajar 62,86%, serta penilaian afektif siswa 65,72%. Siklus II, hasil belajar kognitif diperoleh daya serap 74,43%, ketuntasan belajar 74,29% dan penilaian psikomotorik serta afektif siswa diperoleh ketuntasan belajar 80%. Siklus III hasil belajar kognitif diperoleh daya serap 81,97% dengan ketuntasan belajar 88,6% dan penilaian psikomotorik serta afektif siswa diperoleh ketuntasan belajar 91,43%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 03 Nov 2017 02:21
Last Modified: 03 Nov 2017 02:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13909

Actions (login required)

View Item View Item