ANALISIS PESAN KOMUNIKASI NONVERBAL DALAM EVENT KESENIAN DRUM BAND (Studi pada Pagelaran Drum Band Fatmawati Islamic Musical MAN 02 Kota Bengkulu)

Anjelyna, Shelyn and Dedi, Supriyadi and Dioni, Ditya Perdana (2023) ANALISIS PESAN KOMUNIKASI NONVERBAL DALAM EVENT KESENIAN DRUM BAND (Studi pada Pagelaran Drum Band Fatmawati Islamic Musical MAN 02 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI SHELYN ANJELYNA D1E018017 - Shelyn Anjelyna.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan komunikasi nonverbal pada pagelaran Drum Band Fatmawati Islamic Musical MAN 02 Kota Bengkulu. Penelitian ini membahas simbol-simbol nonverbal pada pagelaran Drum Band Fatmawati Islamic Musical MAN 02 Kota Bengkulu di Festival Drum Band Cendana 2022. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Charles Sanders Pierce yang meliputi makna simbol dan komunikasi nonverbal yang timbul karena adanya kesepakatan bersama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan peneliti dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat jenis pesan simbol nonverbal pada pagelaran drum band fatmawati islamic musical yaitu kostum, visualisasi warna bendera, gesture, dan koreografi. Kostum mengandung makna dengan dominan warna merah, hitam, abu-abu menggambarkan semangat dan pantang meyerah. Visualisasi warna bendera mengandung makna menambahkan nilai keindahan dan efek visual menggunakan warna yang beragam pada bendera yang digunakan. Gesture menunjukkan ekpresi wajah marah dan serius mengandung makna pemberani. Koreografi menunjukkan alur cerita pada pagelaran drum band yang merupakan the last knight.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:28
Last Modified: 25 Jul 2023 07:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13912

Actions (login required)

View Item View Item