PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 13 KOTA BENGKULU.

Putri, Niken Puspa Satrya and Yensy, Nurul Astuty and Della, Maulidiya (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 13 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_NIKEN PUSPA SATRYA PUTRI_A1C014026.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran scramble. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP N 13 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara menghimbau kepada siswa dalam pembentukan kelompok untuk tetap tenang dan tidak ada yang mengeluarkan suara ketika memindahkan kursinya, melakukan pendekatan kepada siswa yang tidak ikut berdiskusi dengan anggota kelompoknya serta memberikan arahan bahwa semua anggota kelompok harus bertanggung jawab atas pekerjaan kelompoknya karena nanti akan dipanggil secara acak perwakilan dari kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan untuk tes akhir siklus nanti juga mengerjakannya secara individu jadi semua siswa harus paham dan ikut aktif berdiskusi di kelompoknya, mengingatkan kepada siswa untuk membuat satuan panjang maupun satuan sudut dan membuat kesimpulan akhir disetiap pengerjaan soal, meminta siswa untuk menghargai temannya yang sedang presentasi dan terlibat aktif dalam memberi tanggapan atas apa yang disampaikan temannya di depan kelas, meminta siswa untuk berani mengemukakan pendapatnya dan membimbing siswa untuk mendapatkan kesimpulan yang tepat dan benar melalui pertanyaan-pertanyaan yang mengundang siswa untuk dapat menyebutkan kesimpulan yang telah dipelajari. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas siswa siklus I hingga siklus III secara berturut-turut: 20 (kriteria cukup aktif), 27,38 (kriteria aktif), dan 31,5 (kriteria aktif). Hasil belajar siswa juga dapat ditingkatkan dengan cara memotivasi siswa agar lebih mempersiapkan diri lagi ketika ujian akan berlangsung dan guru mengumumkan hasil tes akhir siklus I maupun siklus II agar siswa lebih termotivasi untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajarnya pada tes akhir siklus selanjutnya, menghimbau kepada siswa untuk serius dalam mengerjakan tes akhir belajar tiap siklus dan guru juga mengatakan kepada siswa bahwa nilai tes setiap siklus juga berpengaruh terhadap nilai rapor, mengingatkan siswa untuk membuat rumus umumnya terlebih dahulu dan kesimpulan akhir jawaban, serta memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata tes hasil belajar siswa siklus I sampai siklus III secara berturut-turut adalah 60,56; 70,35; dan 82,74 serta ketuntasan belajar klasikal siklus I, siklus II, dan siklus III secara berturut-turut adalah 46,88%; 53,13%; dan 81,25%. Kata kunci: Model Pembelajaran Scramble, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:40
Last Modified: 27 Jul 2023 03:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13916

Actions (login required)

View Item View Item