PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS VII 4 SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Sari, Reta Nofita and Rusdi, Rusdi and Syafdi, Maizora (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS VII 4 SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RETA NOFITA SARI_A1C014033.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

SMP Negeri 1 Kota Bengkulu dalam pembelajaran Matematika dengan menerapakan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII 4 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Aktivitas belajar peserta didik ditingkatkan dengan cara pembagian kelompok yang tepat, memberikan LKPD, memberikan perhatian khusus kepada peserta didik berkemampuan rendah, menegur peserta didik yang tidak mengikuti langkah pembelajaran dengan baik, serta memberikan motivasi. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas peserta didik dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 18,25; 22; 26,75. Hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara membuat LKPD dengan langkah dan perintah yang sederhana, membuat soal latihan tambahan pada setiap LKPD, serta memberikan bimbingan khusus kepada peserta didik yang mengalami kesulitan. Peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 68,42; 77,93; 85,00 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 60,61%; 69,69%; 81,81%. Kata Kunci: model pembelajaran, model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review, LKPD, hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:46
Last Modified: 25 Jul 2023 07:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13918

Actions (login required)

View Item View Item