PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU

Adriansyah, Rivo Dwi and Fachruddin, M. and Effie, Efrida Muchlis (2018) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Rivo Dwi Adriansyah_A1C014013_Skripsi.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Matematika dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Aritmetika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 8 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) denganmengadopsi prosedur ADDIE yaitu tahap pendefinisian (Analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penerapan (Implement) dan tahap evaluasi (Evaluate) yang terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektifitas. Validasi modul dilakukan oleh tiga orang ahli pendidikan bidang matematika, konstruksi, dan bahasa. Kepraktisan modul diuji pada dua puluh lima peserta didik kelas VII 8 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Efektifitas modul diuji pada 26 peserta didik kelas VII 9 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi Modul, lembar kepraktisan Modul dan lembar efektifitas Modul. Semua data yang dikumpulkan dianalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) Modul Matematika dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Aritmetika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 8 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat valid dari aspek materi, konstruksi dan bahasa dengan skor rata-rata 4,26, (b) Modul Matematika dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Aritmetika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 8 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori praktis dengan skor rata-rata 4,19, (c) Modul Matematika dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Aritmetika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 8 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori efektif dengan skor rata-rata 4,066 dan pencapaian efektifitas : (1) Modul sudah memuat langkah-langkah pendekatan saintifik yang membuat aktivitas guru dan peserta didik berkriteria baik; (2) Modul sudah disusun berdasarkan syarat-syarat penyusunan modul sehingga modul dapat membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran; (3) modul sudah membuat peserta didik melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan kaidah pendekatan saintifik sehingga peserta didik memperoleh hasil belajar yang tinggi. Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Modul Matematika, Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:00
Last Modified: 25 Jul 2023 08:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13923

Actions (login required)

View Item View Item