HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN DAYA KONSENTRASI PADA MAHASISWA D-3 ILMU KESEHATAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS BENGKULU TAHUN AJARAN 2018/2019

Suciarti, Dessy and Sudjatmoko, Andri and Sylvia, Rianissa Putri (2019) HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN DAYA KONSENTRASI PADA MAHASISWA D-3 ILMU KESEHATAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS BENGKULU TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Tidur merupakan suatu proses yang sangat penting bagi manusia untuk mengembalikan stamina tubuh sehingga berada dalam kondisi yang optimal. Kurangnya kebutuhan tidur banyak ditemui dikalangan dewasa muda terutama mahasiswa yang akan berpengaruh pada kondisi fisik dan kemampuan kognitif, termasuk terhadap daya konsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan kualitas tidur dengan daya konsentrasi pada mahasiwa D-3 Ilmu Kesehatan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Bengkulu. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2018 di D-3 Ilmu Kesehatan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Bengkulu. Pemilihan sampel dilakukan berdasarkan stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index untuk menilai kualitas tidur, sedangkan Continuous Performance Task untuk menilai daya konsentrasi. Korelasi antara kedua variabel tersebut dianalisis dengan mengggunakan uji Somers’ d. Hasil: Total sampel penelitian yang dianalisis adalah 96 orang, 38 orang (39,6%) memiliki kualitas tidur yang baik dan 58 orang (60,4%) memiliki kualitas tidur buruk. Mahasiswa yang memiliki daya konsentrasi yang baik adalah 20 orang (20,8%) dan 76 orang (79,2%) memiliki daya konsentrasi yang buruk. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang bermakna antara kualitas tidur dengan daya konsentrasi (r = 0,447, p < 0,001). Kesimpulan: Terdapat korelasi yang positif dan bermakna secara statistik antara kualitas tidur dengan daya konsentrasi pada mahasiswa D-3 Ilmu Kesehatan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Bengkulu. Kata Kunci: Kualitas tidur, daya konsentrasi, mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty Of Medicine
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 09:04
Last Modified: 01 Aug 2023 09:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13927

Actions (login required)

View Item View Item