PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Fadhillah, Rizki and Fachruddin, M. and Della, Maulidiya (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RIZKI FADHILLAH (A1C04011).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VII.3 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu dalam pembelajaran Matematika dengan menerapakan model pembelajaran Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.3 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah peserta didik terdiri dari 13 peserta didik laki�laki dan 20 peserta didik perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan lembar observasi dan tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas peserta didik dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 21; 28; 30. Peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 71,03; 80,84; 84,12 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 54,54 %; 72,72%; 84,84%. Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar, model pembelajaran Think Pair Share

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:08
Last Modified: 25 Jul 2023 08:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13928

Actions (login required)

View Item View Item