PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP N 1 KOTA BENGKULU

Lukito, Sandi and Hanifah, Hanifah and Syafdi, Maizora (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP N 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C013045_SANDI LUKITO_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model problem based learning. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII 6 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018 berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I, siklus II dan siklus III secara berturut�turut adalah 74,27; 80,42; dan 82,96 serta ketuntasan belajar klasikal siklus I, siklus II dan siklus III secara berturut-turut adalah 72,73%;78,79%; dan 84,85%. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat di lihat dari nilai hasil observasi aktivitas belajar matematika siswa siklus I, siklus II, dan siklus III secara berturut�turut adalah 20,66 (kriteria cukup), 23,5 (kriteria cukup) dan 26,16 (kriteria aktif). Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:19
Last Modified: 25 Jul 2023 08:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13932

Actions (login required)

View Item View Item