PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII A SMPN 6 KOTA BENGKULU

Diani, Sanra Febri and Maulidiya, Della and Agus, Susanta (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII A SMPN 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
fixxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model Discovery Learning. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas, lembar penilaian keterampilan, pengerjaan LKPD dan tes siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas siswa, pemahaman konsep matematika siswa dan hasil belajar siswa kelas VII A SMPN 6 Kota Bengkulu. Aktivitas belajar ditingkatkan dengan membentuk kelompok siswa secara heterogen, memotivasi siswa dengan memberikan nilai tambahan, dan mengatur tempat duduk siswa. Hal ini ditandai dengan peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa setiap siklus. Pada siklus I aktivitas belajar siswa termasuk kedalam kategori cukup aktif dengan rata-rata skor 28,75. Pada siklus II aktivitas belajar siswa sudah aktif dengan rata-rata skor 35,63. Sedangkan pada siklus III aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 39 dan berada pada kategori tinggi. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar dari siklus I hingga siklus III yaitu 69,5 ; 75,38; dan 77,42. Dan ketuntasan klasikal pada siklus I, II dan III yaitu 50%, 81,82% dan 90,91%. Pencapaian pemahaman konsep matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata pemahaman konsep dari siklus I,II dan III yaitu 65,70 ; 64,93 ; dan 67,94. Pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematika siswa per-indikator pada siklus I, II dan III yaitu : (1) kemampuan siswa menyatakan ulang konsep : 47,91 ; 56,18; 75,42. (2) kemampuan siswa mengklasifikasikan objek atau sifat sesuai konsep : 54,26; 70,17; 92,20. (3) kemampuan memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep : 85,23 ; 97,73; 45,21. (4) kemampuan siswa meyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi : 53,10; 51,21 ; 56,47. (5) kemampuan siswa mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup : 69,78; 46,61 ; 81,00. (6) kemampuan siswa menggunakan prosedur atau operasi tertentu : 81,52; 61,25 ; 55,31. (7) kemampuan siswa menerapkan konsep : 68,13 ; 71,36 ; 69,96. Kata Kunci : Model Discovery Learning, aktivias belajar, pemahaman konsep matematika, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:22
Last Modified: 25 Jul 2023 08:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13933

Actions (login required)

View Item View Item