PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Afriliasari, Santi and Fachruddin, M. and Nurul, Astuty Yensy (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Santi Afriliasari (A1C014018) SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis kontekstual lebih dari pembelajaran Ekspositori pada materi segiempat Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasy experiment (Eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII.G sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII.F sebagai kelas Kontrol dan kelas VII.A sebagai kelas uji coba. Pengambilan data penelitian hanya dengan menggunakan instrumen posttest (tes hasil belajar). Instrumen penelitian telah di validasi dengan uji Ahli. Instrumen posttest di uji cobakan di kelas uji coba, kemudian dilakukan analisis dengan Uji Validasi, Uji Reliabilitas, Uji Daya Beda Soal dan Uji Taraf Kesukaran untuk memilih soal yang dianggap baik untuk dijadikan soal posttest. Hasil posttest menunjukkan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 28 orang, memperoleh rata-rata hasil belajar matematika adalah 62,61 dan varians adalah 82,618. Sedangkan kelas kontrol dengan jumlah siswa 29 orang, memperoleh rata�rata hasil belajar matematika adalah 51,79 dan varians adalah 147,804. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan Uji-t untuk sampel independen, diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis kontekstual lebih dari pembelajaran Ekspositori. Kata Kunci : Hasil belajar matematika, Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) ber basis kontekstual, Pembelajaran Ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:25
Last Modified: 25 Jul 2023 08:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13935

Actions (login required)

View Item View Item