PENGARUH PENGGANTIAN SEBAGIAN AGREGAT HALUS DENGAN PECAHAN BATU KARANG TERHADAP KUAT TEKAN PAVING BLOCK

Adnan, Muhammad Ardian and Fepy, Supriani and Yuzuar, Afrizal (2017) PENGARUH PENGGANTIAN SEBAGIAN AGREGAT HALUS DENGAN PECAHAN BATU KARANG TERHADAP KUAT TEKAN PAVING BLOCK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI PENGARUH PENGGANTIAN SEBAGIAN AGGREGAT HALUS DENGAN PECAHAN BATU KARANG TERHADAP KUAT TEKAN PAVI~0.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pecahan batu karang yang digunakan pada penelitian ini adalah pecahan batu karang yang hancur terkena ombak dan terbawa ke tepi pantai. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggantian agregat halus dengan pecahan batu karang terhadap kuat tekan paving block. Pada penelitian ini akan dibuat 2 jenis adukan paving block dengan perbandingan semen dan pasir yaitu 1 : 4 dan 1 : 6. Setiap adukan akan dibuat 5 variasi penggantian agregat halus dengan pecahan batu karang yaitu sebesar 0%. 10%, 20%, 30%, dan 40% dari berat pasir. Dari hasil penelitian yang didapat kuat tekan terbesar adalah paving block dengan komposisi penggantian 10% pecahan batu karang. Paving ini menghasilkan kuat tekan maksimal 29,42 MPa untuk adukan 1 : 4 dan 20,202 MPa untuk adukan 1 : 6 pada umur 28 hari dan masuk mutu paving kelas B dengan kuat tekan rata-rata 20 MPa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 03 Nov 2017 03:22
Last Modified: 24 Nov 2017 08:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13936

Actions (login required)

View Item View Item