DAMPAK PENGGUNAAN GADGET DALAM INTERAKSI SOSIAL REMAJA (Studi Kasus di Kelurahan Tanjung Mulia dan Ketapang Besar Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan)

GUSTIA, MELDA and Aries, Munandar and Rosi, L Vini Siregar (2023) DAMPAK PENGGUNAAN GADGET DALAM INTERAKSI SOSIAL REMAJA (Studi Kasus di Kelurahan Tanjung Mulia dan Ketapang Besar Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Dokumen dari Melda Gustia - Melda Gustia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Teknologi yang berkembang semakin maju tidak lepas dari adanya penggunaan smarthphone yang disebut juga dengan gadget, dengan hadirnya gadget dapat memudahkan kehidupan dan memberikan pengaruh yang besar seperti memudahkan dalam hal komunikasi, mempengaruhi perilaku. Dengan demikian, gadget dapat berdampak positif ataupun negatif dalam berbagai aspek kehidupan terkhusus interaksi sosialnya mulai dari aspek kontak sosial, aktivitas bersama dan frekuensi hubungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan gadget dalam interaksi sosial remaja di Kelurahan Tanjung Mulia dan Ketapang Besar Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan 23 informan yang terdiri dari 15 remaja, 5 orang tua, dan 3 masyarakat di Kelurahan Tanjung Mulia dan Ketapang Besar Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data dikumpulkan dengan melalui observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget berdampak terhadap interaksi sosial remaja peralihan dari kontak fisik dan non fisik, yang mana dampak positifnya yaitu menghemat jarak dan waktu, mempermudah komunikasi dan mendapatkan informasi, mempermudah mendapat teman baru di media sosial, menunjang dan meningkatkan kualitas pendidikan, mempermudah melakukan promosi jualan secara online, dan membantu mengembangkan hobi. Sedangkan dampak negatifnya berupa kurangnya interaksi sosial di kehidupan nyata, remaja lebih suka menyendiri dan tidak peka dengan lingkungan sekitarnya setelah memiliki gadget, timbulnya tindakan konsumtif dan pemborosan pada remaja, buruk untuk kesehatan, menjadi ketergantungan dengan gadget, menjadi korban penipuan di aplikasi belanja online, dan kecanduan game dan judi online. Dampak-dampak tersebut yang bisa dilihat dan diukur dari aspek-aspek interaksi sosial yaitu kontak sosial yang tidak berdampak pada interaksi sosial, aktivitas bersama dan frekuensi hubungan sosial yang berdampak pada interaksi sosial remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:30
Last Modified: 25 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13937

Actions (login required)

View Item View Item