PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN LKPD BERBASIS SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A DI SMPN 17 KOTA BENGKULU

PRATIWI, SINTIA UTAMI and Yensy, Nurul Astuty and Syafdi, Maizora (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN LKPD BERBASIS SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A DI SMPN 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SINTIA UTAMI PRATIWI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 17 Kota Bengkulu dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan scientific. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan LKPD berbasis scientific yang dilaksanakan dengan membagikan LKPD berbasis scientific yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasi setelah itu dilanjutkan model pembelaaran kooperatif tipe Make A Match yang dilaksanakan dengan menyiapkan kartu pasangan, membagi kelas menjadi dua kelompok besar, membagikan kartu kepada siswa, siswa memikirkan atau mengerjakan kartu pasangan, siswa mencari kartu pasangan, siswa mengumpulkan kartu pasangan dan mempresentasikan hasil diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan nilai rata-rata skor observasi siswa siklus I, II dan III secara berturut-turut adalah 36,875; 41,875; dan 45,625 dengan ketuntasan klasikal pada siklus I, II dan III secara berturut-turut adalah 53,85%; 73,08% dan 80,77%. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Lembar Kerja Peserta Didik, Saintifik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:35
Last Modified: 25 Jul 2023 08:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13939

Actions (login required)

View Item View Item