PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII.7 SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU

Judin, Sirat and Hanifah, Hanifah and Effie, Efrida Muchlis (2018) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII.7 SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan pendekatan saintifik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi segiempat dan segitiga kelas VII.7 SMPN 18 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.7 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pendekatan saintifik pada materi Bangun Datar Segitiga dan Segienpat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar ditingkatkan dengan cara membentuk kelompok siswa secara heterogen, memotivasi siswa dengan memberikan nilai tambahan, mengatur tempat duduk siswa, dan memberi kesempatan secara luas kepada siswa untuk mengungkapkan ide atau gagasannya. Hal ini ditandai dengan peningkatan aktivitas siswa setiap siklus. Pada siklus I aktivitas belajar siswa masuk dalam kategori cukup aktif dengan rata-rata skor 20 (cukup aktif). Pada siklus II aktivitas belajar siswa masih dalam kategori cukup aktif dengan rata�rata skor 27,3 (cukup aktif). Pada siklus III aktivitas belajar siswa sudah mencapai kategori aktif dengan rata-rata skor 31,83 (aktif) dan Hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklus dengan melakukan tindakan memberikan LKPD berbasis saintifik, memberikan bimbingan lebih kepada siswa yang nilai nya yang masih jauh daripada tuntas serta memberikan latihan soal. Hal ini ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I hingga III yaitu : 33,88; 34,22; 60; dengan ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu : 0%; 0%; 0,22%. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:41
Last Modified: 25 Jul 2023 08:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13942

Actions (login required)

View Item View Item