DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU

Sinurat, Swandi and Rusdi, Rusdi and Dewi, Rahimah (2018) DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (205MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosa jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Persamaan Linear Satu Variabel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (Descriptive Research) dengan metode penelitian kombinasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 SMP Negeri 21 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 18 orang siswa. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan pengujian validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan dalam memahami konsep persamaan linear satu variable sebesar 33,34%, kesalahan dalam operasi aljabar pada ruas kiri dan atau ruas kanan pada saat mengelompokkan variabel-variabel yang sejenis sebesar 47,22%, kesalahan dalam menentukan selesaian dari suatu persamaan dengan menggunakan operasi penjumlahan sebesar 41,67%, kesalahan dalam menentukan selesaian dari suatu persamaan dengan menggunakan operasi pengurangan sebesar 41,67%, kesalahan dalam menentukan selesaian dari suatu persamaan dengan menggunakan operasi perkalian sebesar 22,23%, kesalahan dalam menentukan selesaian dari suatu persamaan dengan menggunakan operasi pembagian sebesar 36,12%, kesalahan dalam mengubah koefisien dari variabel sehingga koefisiennya menjadi 1 sebesar 8,34%. Faktor penyebab terjadinya kesalahan adalah: a) siswa tidak bisa membedakan koefisien, variabel dan konstanta, b) siswa tidak paham konsep mengelompokkan variabel-variabel yang sejenis, c) siswa salah menulis tanda pada setiap suku dan siswa juga belum paham konsep perkalian tanda positif ataupun tanda negatif, d) siswa masih belum paham menentukan KPK untuk mengurangkan bilangan pecahan, e) siswa masih kurang paham bagaimana cara menyamakan kedua ruas, f) siswa tidak paham langkah-langkah penyelesaian soal, g) siswa masih kurang paham bagaimana cara menyamakan kedua ruas dalam bentuk bilangan pecahan. Kata Kunci: Kesalahan, Diagnosis, dan Deskriptif

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:36
Last Modified: 27 Jul 2023 03:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13949

Actions (login required)

View Item View Item