PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK MATERI KPK DAN FPB PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 99 KOTA BENGKULU

Fitriani, Tamara and Rusdi, Rusdi and M., Fachruddin (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK MATERI KPK DAN FPB PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 99 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Peserta Didik Berbasis Permainan Tradisional Congklak Materi KPK dan FPB Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 99 Kota Bengkulu yang memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan modifikasi model 4D Thiagarajan menjadi 3 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Validitas dilakukan oleh dua validator. Kepraktisan LKPD diuji pada sepuluh peserta didik di kelas IV B SD Negeri 99 Kota Bengkulu. Efektifitas LKPD diuji pada tiga puluh empat peserta didik di kelas IV A SD Negeri 99 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penilaian terdiri dari lembar validitas, kepraktisan dan efektifitas. Permainan Tradisional congklak salah satu permainan yang memiliki unsur pembelajaran matematika. Permainan ini dapat membuat peserta didik merasa lebih menyenangkan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Permainan Tradisional Congklak Materi KPK dan FPB Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 99 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori: (a) valid dari aspek materi, kontruksi, dan bahasa dengan skor rata-rata 4,69; (b) sangat praktis dengan skor rata-rata 4,48; dan (c) efektifitas berdasarkan: 1) aktivitas peserta didik dengan skor rata�rata 4,41 dalam kategori sangat baik; 2) aktivitas pendidik dengan skor rata-rata 4,55 dalam kategori sangat baik; 3) respon peserta didik dengan skor rata-rata 4,49 dalam kategori sangat baik; 5) hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan klasikal. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Permainan Tradisional Congklak, KPK dan FPB.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:39
Last Modified: 26 Jul 2023 06:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13950

Actions (login required)

View Item View Item