DIAGNOSIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL TENTANG SUDUT, BUSUR DAN JURING DALAM LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU

Susanto, Wawan Adi and Muchlis, Effie Efrida and Syafdi, Maizora (2018) DIAGNOSIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL TENTANG SUDUT, BUSUR DAN JURING DALAM LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_WAWAN ADI SUSANTO_A1C011036.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal tentang sudut, busur dan juring dalam lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. (2) Mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesikan soal tentang sudut, busur dan juring dalam lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas kelas VIII 3 SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Data diproses melalui tes diagnostik dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kesalahan�kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal lingkaran sebagai berikut: a) Salah dalam menentukan sudut keliling dan sudut pusat suatu lingkaran sebanyak 20 siswa; b) Salah dalam menggunakan rumus untuk mencari besar sudut keliling dan sudut pusat lingkaran sebanyak 18; c) Salah dalam operasi hitung matematika sebanyak 20 siswa; d) kesalahan dalam menuliskan notasi sudut, satuan sudut, sebanyak 6 siswa; e) Salah dalam menggunakan rumus untuk mencari panjang busur, luas juring sebanyak 13 siswa; f) Salah dalam menuliskan satuan luas sebanyak 2 siswa. (2) Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal soal lingkaran sebagai berikut: a) Belum memahami konsep pada materi lingkaran sebannyak 28 siswa; b) Kurang teliti dalam mengerjakan operasi hitung matematika sebanyak 24 siswa; c) Menebak-nebak jawaban sebanyak 11 siswa; dan d) Tidak menguasai materi prasyarat sebanyak 9 siswa. Kata Kunci: kesalahan, diagnosis, lingkaran, deskriptif

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:54
Last Modified: 26 Jul 2023 06:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13954

Actions (login required)

View Item View Item