PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BENGKULU TENGAH

RACHMAWATI, YULIA and Maizora, Syafdi and Della, Maulidiya (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Yulia Rachmawati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning pada Materi Bangun Datar Segiempat di Kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan mengadopsi prosedur Four-D (4D) yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu tahap define (pendefinisian) design (perancangan) dan develop (pengembangan). Penelitian dilakukan di kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar kepraktisan, dan lembar keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis Discovery Learning pada Materi Bangun Datar Segiempat di Kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah termasuk dalam kategori: a) sangat valid dari segi materi, kontruksi, dan bahasa dengan skor rata-rata 4,48, b) sangat praktis dengan skor rata-rata 4,46 dan pencapaian kepraktisan: (1) kepraktisan oleh peserta didik dengan skor rata-rata 4,51 ; (2) aktivitas kepraktisan dengan skor rata-rata 4,40, (c) sangat efektif dengan skor rata-rata 4,70 dan pencapaian keefektifan : (1) respon peserta didik dengan skor rata-rata 4,45 ; (2) aktivitas peserta didik dengan skor rata-rata 4,57 ; (3) hasil belajar peserta didik dengan ketuntasan klasikal 82,14%. Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:07
Last Modified: 26 Jul 2023 07:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13957

Actions (login required)

View Item View Item