ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KIMIA PADA MATERI KONSENTRASI LARUTAN DI KELAS XI SMK NEGERI 1 PADANG JAYA

NINGMENTARI, NICKY WULAN and Bahar, Amrul and Hermansyah, Amir (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KIMIA PADA MATERI KONSENTRASI LARUTAN DI KELAS XI SMK NEGERI 1 PADANG JAYA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi konsentrasi larutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Padang Jaya tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari lima kelas dengan total 101 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal materi konsentrasi larutan terdiri dari dua. Petama, kesalahan konseptual dengan letak kesalahan, yaitu: (1) siswa salah dalam menulis apa yang ditanya dan diketahui, (2) siswa salah dalam menulis rumus, dan (3) siswa salah dalam konsep materi. Kesalahan kedua, kesalahan prosedural dengan letak kesalahan yaitu: (1) salah dalam melakukan operasi hitung, (2) salah dalam menuliskan satuan, (3) kesalahan dalam melanjutkan perhitungan, dan (4) salah dalam menuliskan hasil perhtungan akhir. Faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi konsentrasi larutan, yaitu: (1) siswa kurang teliti dalam menelaah dan memahami soal, (2) siswa kurang memahami konsep materi, dan (3) siswa kurang teliti melakukan dan melanjutkan perhitungan. Berdasarkan hasil analisis rata-rata persentase kesalahan konseptual yang dilakukan masing-masing kelas untuk setiap soal sebesar 46,03% sedangkan kesalahan prosedural sebesar 56,67%. Dari hasil tersebut terlihat bahwa masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal dan belum mencapai nilai ketuntasan belajar sesuai KKM yaitu: 70. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan, konsentrasi larutan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:17
Last Modified: 26 Jul 2023 07:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13959

Actions (login required)

View Item View Item