PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN SUMMARIZES PADA KELAS XI IPA MAN 1 KOTA BENGKULU

Kasih, Alfia Novera Indah Esa and Bahar, Amrul and Salastri, rohiat (2018) PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN SUMMARIZES PADA KELAS XI IPA MAN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ALFIA NOVERA INDAH ESA KASIH (A1F014041).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan mind mapping dan summarizes pada pokok bahasan kesetimbangan ion dalam larutan garam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental semu dengan populasi kelas XI IPA di MAN 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 dan sampel adalah kelas XI IPA 1 (PBL-Mind Mapping) sebagai eksperimen 1 dan kelas XI IPA 2 (PBL- Summarizes) sebagai eksperimen 2. Analisa data yang digunakan adalah nilai rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis/ uji-t dengan nilai signifikansi α = 0.05 yang dihitung dengan SPSS 16.0 for Windows. Hasil belajar peserta didik pada penelitian ini dilihat dari nilai selisih nilai pretest dan post-test. Rata-rata selisih pretest dan post-test peserta didik kelas eksperimen 1 dan 2 adalah 56.11 dam 49.21 serta hasil uji hipotesis diperoleh sig < α (0.04 < 0.05). Hasil data membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen 1 dan 2 serta menunjukkan bahwa hasil pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan mind mapping lebih baik dibandingkan hasil pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan summarizes. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Mind Mapping, ummarizes, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:27
Last Modified: 26 Jul 2023 07:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13962

Actions (login required)

View Item View Item