EFEKTIVITAS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Rani, Atikah Puspa and Amrul, Bahar and Elvinawati, Elvinawati (2018) EFEKTIVITAS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Atikah Puspa Rani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas instagram sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan larutan penyangga di SMAN 5 Kota Bengkulu.Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian eksperimen semu.Efektivitas instagram sebagai media pembelajaran dilihat dari N-Gain Score yang diperoleh.Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), N-Gain Score, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Data hasil belajar kimia siswa diperoleh dari nilai pretest dan posttest dengan selisih hasil belajar untuk kelas kontrol adalah 34,49 dan kelas eksperimen 46,42, berdasarkan dari nilai pretest dan posttest didapatkan N-Gain score dimana N-Gain score untuk kelas kontrol sebesar 0,58 termasuk dalam kategori “sedang” dan kelas eksperimen sebesar 0,71 termasuk dalam kategori “tinggi”. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan instagram sebagai media pembelajaran dengan pendekatan saintifik lebih efektif dari pada pembelajaran yang tidak menggunakan instagram sebagai media pembelajaran. Kata kunci : Instagram, Efektivitas, N-Gain Score.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:45
Last Modified: 26 Jul 2023 07:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13966

Actions (login required)

View Item View Item