IMPLEMENTASI CASE BASED REASONING UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT BERDASARKAN GEJALA KLINIS DAN HASIL PEMERIKSAAN HEMATOLOGI DENGAN PROBABILITAS BAYES (Studi Kasus RSUD Curup)

BARARAH, AZIZI SATRIA and Ernawati, Ernawati and Andeswari, Desi (2017) IMPLEMENTASI CASE BASED REASONING UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT BERDASARKAN GEJALA KLINIS DAN HASIL PEMERIKSAAN HEMATOLOGI DENGAN PROBABILITAS BAYES (Studi Kasus RSUD Curup). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI_G1A012085_AZIZISATRIABARARAH1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (20MB)

Abstract

Pemeriksaan hematologi adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui keadaan darah dan komponen-komponennya. Darah terdiri dari bagian padat yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), trombosit dan bagian cairan yang berwarna kekuningan yang disebut plasma.Pada penelitian ini, penulis bermaksud untuk merancang suatu program aplikasi CBR berbasis android yang mampu membantu para ahli dalam mendiagnosa akan kemungkinan seorang pasien menderita penyakit melalui hasil pemeriksaan hematologi beserta cara pengobatannya. Aplikasi atau sistem ini menggunakan metode probabilitas bayes dengan bahasa pemrograman java pada android studio. Data yang digunakan diambil dari RSUD Rejang Lebong. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, aplikasi yang berbasis android menggunakan metode probabilitas bayes ini mampu mendiagnosa penyakit berdasarkan gejala klinis dan hasil pemeriksaan hematologi dengan baik. Rata-rata akurasi sistem dalam mendiagnosa penyakit berdasarkan gejala klinis dan hasil pemeriksaan hematologi dalam berbagai kondisi bernilai sekitar 92,244860433 % dan tingkat akurasi tertinggi mencapai 96,66666667 %. Nilai tersebut dinilai cukup memuaskan karena mampu mencapai rata-rata kemampuan dokter dalam mendiagnosa penyakit berdasarkan gejala klinis dan hasil pemeriksaan hematologi. Kata kunci : Hematologi, Android Studio, Case Based Reasoning, Probabilitas Bayes

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:26
Last Modified: 06 Nov 2017 02:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13977

Actions (login required)

View Item View Item