HUBUNGAN ANTARA KADAR FERITIN SERUM DAN FUNGSI KOGNITIF ANAK TALASEMIA MAYOR BERDASARKAN MINI MENTAL STATE EXAMINATION (MMSE) DI RSUD DR. M. YUNUS BENGKULU

Aflida, Wita Ayu and Rohima, Wasis and Sylvia, Rianissa Putri (2018) HUBUNGAN ANTARA KADAR FERITIN SERUM DAN FUNGSI KOGNITIF ANAK TALASEMIA MAYOR BERDASARKAN MINI MENTAL STATE EXAMINATION (MMSE) DI RSUD DR. M. YUNUS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Penyandang talasemia memiliki risiko tiga kali lipat untuk memiliki gangguan fungsi kognitif dan intelektual yang dinilai dari 5 fungsi yaitu orientasi, registrasi, atensi dan kalkulasi, mengingat kembali, dan bahasa. Banyak faktor yang mempengaruhi fungsi kognitif pada pasien talasemia. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui hubungan dari kadar feritin serum dan dengan fungsi kognitif pada anak talasemia. Metode: Penelitian ini menggunakan desain potong lintang dengan subyek 35 orang pasien talasemia. Subjek yang memenuhi kriteria inklusi dan tidak memenuhi kriteria eksklusi diambil dengan metode consecutive sampling. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara berdasarkan kuesioner data karateristik, pemeriksaan kognitif menggunakan MMSE dan pencatatan hasil feritin berdasarkan rekam medis. Analisis data dengan uji korelasi Pearson. Hasil: Kadar feritin memiliki korelasi yang signifikan terhadap fungsi kognitif anak talasemia dengan kekuatan korelasi sedang pada uji Pearson r = -0,540 (p = 0,001) yang berarti semakin tinggi peningkatan kadar feritin serum maka skor MMSE anak talasemia pun akan semakin rendah. Kesimpulan: Terdapat korelasi yang signifikan antara kadar feritin terhadap fungsi kognitif anak talasemia mayor. Semakin tinggi peningkatan kadar feritin serum maka skor MMSE anak talasemia pun akan semakin rendah. Kata Kunci: kadar feritin, fungsi kognitif, MMSE.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty Of Medicine
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:41
Last Modified: 01 Aug 2023 04:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13980

Actions (login required)

View Item View Item