Elyani, Evi and Sumpono, Sumpono and Hermansyah, Amir (2018) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED NUMBERED HEADS (SNH) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MIPA SMAN 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbandingan kemampuan berpikir kreatif siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads (SNH) dan Numbered Head Together (NHT) pada materi tata nama senyawa kimia dalam kurikulum 2013 di kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan jumlah populasi 118 siswa dan sampel 57 siswa dengan kelas X MIPA D sebagai kelas eksperimen I yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe SNH dan kelas X MIPA B sebagai kelas eksperimen II yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Analisa data yang digunakan adalah rata-rata (mean), Persentase Indikator, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Kemampuan berpikir kreatif siswa dilihat dari selisih nilai prestes dan postes. Pada kelas eksperimen I nilai rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 51,851 sedangkan kelas eksperimen II sebesar 46,916. Hasil uji t (α = 0,05) diperoleh tHitung> tTabel yaitu 2,645 > 2,0040 menujukkan hipotesis diterima berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SNH dan NHT. Kata Kunci: SNH, NHT, Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 08:25 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 08:25 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13982 |
Actions (login required)
View Item |