IDENTIFIKASI CITRA GARIS TELAPAK TANGAN MENGGUNAKAN METODE LINEAR DISCRIMINANT ANALYSIS DENGAN PROBABILITAS NAÏVE BAYESIAN

PRADINTA, BAYU and Ernawati, Ernawati and Purwandari, Endina Putri (2017) IDENTIFIKASI CITRA GARIS TELAPAK TANGAN MENGGUNAKAN METODE LINEAR DISCRIMINANT ANALYSIS DENGAN PROBABILITAS NAÏVE BAYESIAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
Skripsi Bayu Pradinta.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Pencocokan citra merupakan suatu cara untuk mengidentifikasi dan mengukur kesamaan citra. Penelitian ini menggunakan teknologi biometrik yaitu sistem yang melakukan pencocokan citra berdasarkan bagian tubuh manusia dengan cara mencocokkan antara citra uji yang diterima dengan citra latih. Citra yang digunakan adalah telapak tangan. Penggunaan telapak tangan dikarenakan telapak tangan memiliki karakteristik yang unik, sulit dipalsukan dan cenderung stabil. Penelitian ini membangun sebuah aplikasi identifikasi citra garis telapak tangan berbasis tekstur dengan metode linear discriminant analysis untuk ekstraksi ciri dan metode naïve bayesian untuk menghitung peluang kemiripan citra uji dengan citra latih. Citra yang digunakan sebagai objek penelitian adalah citra telapak tangan manusia bagian kanan dari CASIA Palmprint Image Database dan yang diambil langsung dari orang sekitar. Aplikasi ini dibangun dalam bahasa pemrograman Matlab R2016a dan dirancang dengan Unified Model Language (UML). Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah protoyping. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah nilai akurasi sebesar 95% untuk pengujian citra uji terhadap citra latih, 93.4% untuk citra uji dengan noise salt and pepper 0.005 dan 93,4% untuk pengujian citra uji dengan Gaussian filter 2.5 . Kata Kunci : Pencocokan Citra, Citra Garis Telapak tangan, Linear Discriminant Anlysis, Naïve Bayesian.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:43
Last Modified: 06 Nov 2017 02:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13983

Actions (login required)

View Item View Item