PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO�VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA N 09 KOTA BENGKULU

Mutaqwiyati, Isna and Nurhamidah, Nurhamidah and Hermansyah, Amir (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO�VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA N 09 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ISNA MUTAQWIYATI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan mengunakan media audio-visual. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 3 SMA N 09 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 27 siswa, pada materi hukum-hukum dasar kimia dan stoikiometri. Proses penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dengan tes dan non tes, yang terdiri dari post-test, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan guru. Data diolah mengunakan teknik analisa kuantitatif sederhana yaitu, nilai rata-rata, presentase daya serap klasikal dan presentase ketuntasan belajar klasikal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan media Audio-visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa disetiap siklusnya serta mencapai kriteria ketuntasan klasikal pada siklus III. Data peningkatan rata-rata aktivitas belajar siswa secara berturut-turut yaitu: siklus I skor 23 (kategori cukup); siklus II skor 26,33 (ketegori baik); dan siklus III skor 28,66 (kategori baik). Rata-rata skor lembar observasi aktivitas guru pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I sebesar 25,66 (kategori baik), pada siklus II sebesar 28 (kategori baik), dan pada siklus III sebesar 29,66 (kategori baik). Presentase ketuntasan belajar klasikal siklus I sebesar 51,85%, siklus II naik menjadi 66,66% dan siklus III adalah 85,15% Kata kunci : Problem Based Instruction, Media Audio-Visual, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:35
Last Modified: 26 Jul 2023 08:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13985

Actions (login required)

View Item View Item