SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN PERCEPATAN GETARAN TANAH DAN TINGKAT RESIKO KERUSAKAN GEMPA BUMI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUTENBERG RICHTER DAN INTENSITAS SKALA MERCALLI ( Studi Kasus : Provinsi Bengkulu )

PRANATA, DONI and Erlansari, Aan and Setiawan, Yudi (2017) SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN PERCEPATAN GETARAN TANAH DAN TINGKAT RESIKO KERUSAKAN GEMPA BUMI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUTENBERG RICHTER DAN INTENSITAS SKALA MERCALLI ( Studi Kasus : Provinsi Bengkulu ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI FULL.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Daerah aktif gempa bumi di Indonesia salah satunya adalah Provinsi Bengkulu, yang memiliki resiko tinggi terjadinya gempa bumi. Mengingat, sepanjang laut Bengkulu terdapat lempengan besar.Bengkulu merupakan daerah aktif gempa. Metode Gutenberg – Richter merupakan suatu metode yang digunakan untuk menghitung percepatan tanah suatu tempat. Penelitian ini bertujuan (1) Menentukan nilai percepatan getaran tanah disetiap Kabupaten di Provinsi Bengkulu, (2) Memberikan Informasi hasil pemetaan daerah atau Kabupaten di Provinsi Bengkulu berupa tingkat resiko kerusakan akibat gempa bumi, dalam data gempa dari tahun 2000 s/d 2010 diatas 6 skala richter. Dalam penelitian ini data riwayat gempa berdasarkan data BMKG provinsi Bengkulu. Dengan menggunakan metode Gutenberg Richter dan riwayat gempa dari tahun 2000 sampai 2010 dan berdasarkan perhitungan rata – rata dan maksimum di peroleh hasil bahwa Kabupaten Muko – muko memiliki nilai percepatan getaran tanah yang lebih besar di bandingkan dengan Kabupaten yang lainnya, meskipun nilai percepatan tanah yang dimiliki oleh Kabupaten Muko – muko lebih besar dibandingkan Kabupaten yang lain tetapi masih terbilang kecil bila dibandingkan dengan skala intensitas mercalli (MMI). Kata Kunci : Gempa bumi, Percepatan tanah, Metode Gutenber Richter, Skala Intensitas Mercalli, Provinsi Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 06 Nov 2017 03:20
Last Modified: 06 Nov 2017 03:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13998

Actions (login required)

View Item View Item