STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DAN THINK PAIR SQUARE DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 REJANG LEBONG

Amalia, Windy Novita and Amir, Hermansyah and Sumpono, Sumpono (2018) STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DAN THINK PAIR SQUARE DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
WINDY NOVITA AMALIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan diterapkan model Take and give dengan model Think Pair Square pada materi Hidrolisis Garam di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Penelitian ini dilaksanakan dengan populasi 201 siswa dari 6 kelas IPA dan sampel 68 siswa dari 2 kelas. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan jenis eksperimen semu. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari nilai pretest dan nilai postest kemampuan berpikir kritis dimana rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis untuk kelas Take and give dengan kelas Think Pair Square adalah 44,757 dan 51,683. Dengan pengujian hipotesis yang menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05, maka didapatkan nilai untuk thitung > ttabel yaitu 3,081 > 1,668. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran Think Pair Square lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran Take and give. Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, take and give, think pair square

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:10
Last Modified: 27 Jul 2023 07:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14004

Actions (login required)

View Item View Item