SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ANGKA KEMATIAN IBU DAN ANGKA KEMATIAN BAYI DENGAN METODE K-MEANS CLUSTERING ( Studi Kasus : Provinsi Bengkulu )

ADITYA, KEVIN BIMA and Puspitaningrum, Diah and Setiawan, Yudi (2017) SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ANGKA KEMATIAN IBU DAN ANGKA KEMATIAN BAYI DENGAN METODE K-MEANS CLUSTERING ( Studi Kasus : Provinsi Bengkulu ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI_G1A012029_KEVINBIMAADITYA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) merupakan salah satu indikator penting dalam menilai tingkat derajat kesehatan masyarakat di suatu negara. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu tahun 2012 hingga 2015, AKI dan AKB di Provinsi Bengkulu masih diatas rata-rata nasional. K- Means Clustering merupakan salah satu metode pengelompokan non hirarki yang bertujuan mengelompokkan objek sedemikian hingga jarak-jarak tiap objek ke pusat kelompok di dalam satu kelompok adalah minimum. Penelitian ini bertujuan (1) Merancang dan membangun Sistem Informasi Geografis untuk memetakan angka kematian ibu dan bayi di setiap Kota/Kabupaten di Provinsi Bengkulu menggunakan metode K-Means Clustering, (2) Mengetahui perbedaan dan status pengelompokkan angka kematian ibu dan bayi di setiap Kota/Kabupaten di Provinsi Bengkulu. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) Penelitian ini berhasil memetakan angka kematian ibu dan bayi dalam 3 kelompok, yaitu rendah, sedang dan tinggi (2) berhasil menerapkan metode K-Means Clustering (3) Persentasi AKI berdasarkan kota/kabupaten di Provinsi Bengkulu, sebagai berikut: 15% kota/kabupaten berada di tingkat rendah, 65% berada di tingkat sedang dan 20% berada di tingkat tinggi. Sedangkan persentasi AKB-nya 32,5% kota/kabupaten berada di tingkat rendah, 60% berada di tingkat sedang dan 7,5% berada di tingkat tinggi. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa tingkat AKI/AKB di Provinsi Bengkulu masih belum memuaskan yaitu < 15% AKI dan < 32,5% AKB. Kata Kunci : Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), Metode K-Means Clustering, Provinsi Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 06 Nov 2017 03:40
Last Modified: 06 Nov 2017 03:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14006

Actions (login required)

View Item View Item