PENGARUH PEMBERIAN INSENTIF DAN TANGGUNG JAWAB PERSONAL TERHADAP BUDGETARY SLACK (STUDI EKSPERIMEN PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BENGKULU)

Martiah Nila Puspita, Lisa and Andriansyah, Bima (2016) PENGARUH PEMBERIAN INSENTIF DAN TANGGUNG JAWAB PERSONAL TERHADAP BUDGETARY SLACK (STUDI EKSPERIMEN PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (815kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh insentif dan tanggung jawab personal terhadap budgetary slack. Sampel penelitian ini terdiri dari 58 mahasiswa jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 x 2 untuk menguji tingkat budgetary slack. Eksperimen ini menggunakan metode insentif slack inducing dan truth inducing serta membagi tanggung jawab personal ke dalam dua kondisi: rendah dan tinggi. Metode analisis menggunakan Anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa insentif berpengaruh terhadap budgetary slack. Sedangkan tanggung jawab personal tidak memiliki pengaruh. Namun interaksi antara tanggung jawab personal dan insentif (TJP * Insentif) secara signifikan berpengaruh terhadap budgetary slack. Bawahan dengan tanggung jawab personal tinggi dalam insentif truth inducing menghasilkan budgetary slack lebih besar. Hasil ini berbeda dengan hasil penelitian sebelumnya Hobson et al., (2011) dan Nugrahani (2005), bahwa metode insentif truth inducing menghasilkan budgetary slack lebih kecil. Kata Kunci: budgetary slack, slack inducing, truth inducing, tanggung jawab personal

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 06 Nov 2017 03:51
Last Modified: 06 Nov 2017 03:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14012

Actions (login required)

View Item View Item