PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN MANAJEMEN PAJAK TERHADAP ABNORMAL BOOK-TAX DIFFERENCES (Studi Empiris Pada Perusahaan Konsolidasi Yang Listed Di BEI 2010-2014)

Yudansha Prakoso, Dio and Marietza, Fenny (2016) PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN MANAJEMEN PAJAK TERHADAP ABNORMAL BOOK-TAX DIFFERENCES (Studi Empiris Pada Perusahaan Konsolidasi Yang Listed Di BEI 2010-2014). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN MANAJEMEN PAJAK TERHADAP ABNORMAL BOOK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah manajemen laba dan manajemen pajak berpengaruh terhadap abnormal book-tax differences. Penelitian dilakukan pada perusahaan konsolidasi yang listed di BEI dari Tahun 2010 – 2014. Penelitian ini menggunakan model nondiscretionary item Tang dan Firth (2011) untuk mengestimasi nilai Abnormal Book-Tax Differences (ABTD) yang diduga dipengaruhi oleh manajemen laba dan manajemen pajak. Manajemen laba diukur dengan SEO dan LOSS. Manajemen pajak diukur dengan ETR dan Perbedaan ETR. Dan Interaksi manajemen laba dan manajemen pajak diukur dengan kepemilikan pemerintah dan perbedaan ETR pada perusahaan pemerintah. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh 65 perusahaan konsolidasi sebagai sampel penelitian. Model analisis menggunakan pendekatan regresi data panel menggunakan bantuan alat analisis STATA 12. Hasil penelitian menunjukan kedua proksi manajemen laba yaitu SEO dan LOSS berpengaruh positif terhadap ABTD. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa seluruh proksi untuk manajemen pajak dan interaksi manajemen laba dan pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap ABTD. Pengujian variabel kontrol membuktikan bahwa ukuran perusahaan, dan jenis industri manufaktur berpengaruh negatif terhadap ABTD.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 06 Nov 2017 04:51
Last Modified: 06 Nov 2017 04:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14028

Actions (login required)

View Item View Item