PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP GELOMBANG CAHAYA DENGAN PENERAPAN MODEL INKUIRI BERBANTUAN SIMULASI PhET DIKELAS XI MIPA E SMAN 2 KOTA BENGKULU

Putri, Enna Marti Eka and Irwan, Koko and Desy, Hanisa Putri (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP GELOMBANG CAHAYA DENGAN PENERAPAN MODEL INKUIRI BERBANTUAN SIMULASI PhET DIKELAS XI MIPA E SMAN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi lengkap.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Telah dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep gelombang cahaya dengan penerapan model Inkuiri berbantuan simulasi PhET. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA E SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, lembar tes untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep gelombang cahaya. Hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 16,5 (kriteria cukup), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 19,5 (kriteria baik), pada siklus III aktivitas guru kembali meningkat hingga skor rata-rata m encapai skor maksimal yaitu 21 (kriteria baik). Hasil analisis data observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 17,5 (kriteria baik), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 20 (kriteria baik), pada siklus III aktivitas siswa kembali meningkat hingga skor rata-rata mencapai skor maksimal yaitu 21 (kriteria baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan proses sains pada siklus I sebesar 64,24 (kriteria cukup), pada siklus II sebesar 79,63 (kriteria baik), dan pada siklus III sebesar 92,96 (kriteria sangat baik). Penguasaan konsep gelombang cahaya pada siklus I sebesar 77,27 (kriteria baik), pada siklus II sebesar 87,04 (kriteria baik), dan pada siklus III 90,74 (kriteria sangat baik). Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model Inkuiri berbantuan simulasi PhET dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep gelombang cahaya. Kata kunci: Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Keterampilan Proses Sains, Penguasaan Konsep gelombang cahaya, Model Inkiuiri, simulasi PhET.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:53
Last Modified: 27 Jul 2023 08:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14033

Actions (login required)

View Item View Item