PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA SINT CAROLUS KOTA BENGKULU

Yunita, Fitria and Connie, Connie and Rosane, Medriati (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA SINT CAROLUS KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan desain LKPD Pembelajaran Fisika dengan model inkuri terbimbing dan menentukan efektivitas LKPD Pembelajaran Fisika tersebut terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XA SMA Sint Carolus Kota Bengkulu yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas LKPD pembelajaran fisika dengan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat dengan nilai rata-rata kelas 77,78 dengan kategori kritis(62,50-81,25). Efektivitas LKPD pembelajaran fisika dengan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar aspek pengetahuan peserta didik meningkat dengan skor N- Gain menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik dengan nilai 0,82 pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD Pembelajaran Fisika dengan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar aspek pengetahuan peserta didik kelas XA SMA Sint Carolus Kota Bengkulu pada materi Mata dan Kacamata. Kata kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:44
Last Modified: 28 Jul 2023 06:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14035

Actions (login required)

View Item View Item