PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X MIPA SMAN 04 KOTA BENGKULU

Handayani, Mahilda Wiwit and Warimun, Eko Swistoro and Risdianto, Eko (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X MIPA SMAN 04 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAHILDA WIWIT H..pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Problem Solving Fisika terhadap kemampuan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X MIPA pada konsep momentum dan impuls. Penelitian ini menggunakan dua desain yaitu nonequivalent control group dan one group pretest-posttest. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan penguasaan konsep (TKPK) dan tes kemampuan pemecahan masalah (TKPM). Berdasarkan analisis data menggunakan uji-T dua sampel independen diperoleh rata-rata posttest kedua kelas berbeda secara signifikan dengan nilai thitung > ttabel (2,03 > 2,00) dengan effect size sebesar 0,52, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Solving Fisika terhadap kemampuan penguasaan konsep siswa dengan kategori sedang. Pada penelitian ini pengaruh model Problem Solving Fisika terhadap kemampuan pemecahan masalah diketahui dengan adanya selisih antara skor rata-rata posttest dan skor rata-rata pretest siswa kelas eksperimen (O2 – O1) yaitu 38,04 dengan effect size sebesar 2,89, sehingga besar pengaruh model Problem Solving Fisika terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika dikategorikan tinggi. Kata kunci: Model Problem Solving Fisika, Kemampuan Penguasaan Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:56
Last Modified: 28 Jul 2023 07:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14052

Actions (login required)

View Item View Item