PEMANFAATAN MODEL KELAS SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 74 KOTA BENGKULU

Dadi, Sri (2017) PEMANFAATAN MODEL KELAS SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 74 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8 (1). pp. 1-6. ISSN 1693-8577

[img]
Preview
Archive (Article)
PEMANFAATAN MODEL KELAS SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENGEMBANGKAN.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan model kelas sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS, (2) Mengembangkan karakter siswa melalui pemanfaatan model kelas sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS, (3) Mengembangkan kecerdasan emosional siswa melalui pemanfaatan model kelas sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS, dan (4) Meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui pemanfaatan model kelas sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara 2 orang dosen PGSD, 2 orang guru SD, da 5 orang mahasiswa PGSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pengembangan model kelas sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS dilakukan melalui empat tahap yaitu : orientasi, elaborasi dan interpretasi, aplikasi ide dan evaluasi, (2) Pemanfaatan model kelas sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS dapat mengembangkan karakter siswa, (3) Pemanfaatan model kelas sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS dapat mengembangkan kecerdasan emosional siswa, dan (4) Pemanfaatan model kelas sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Saran yang disampaikan yakni : (1) Guru dan calon guru diharapkan memanfaatkan model kelas dalam pembelajaran IPS, dan (2) Kepala sekolah diharapkan mendorong guru untuk selalu menerapkan pembelajaran dengan memanfaatkan model kelas.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Journal
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 07 Nov 2017 02:09
Last Modified: 07 Nov 2017 02:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14058

Actions (login required)

View Item View Item