PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN VIRTUAL LAB. PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Yulasti, Nora Ilfira and Rohadi, Nyoman and Desy, Hanisa Putri (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN VIRTUAL LAB. PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI PDF FIX BENAR FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas tiga siklus, dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas, keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa melalui model Learning Cycle 5E berbantuan virtual Lab. Subjek penelitian siswa kelas X MIPA2 SMA N 1 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes siswa. Hasil analisis observasi aktivitas siswa siklus I rata-rata 25 (Baik), siklus II 27 (baik), siklus III 29 (Baik). KPS siklus I pada aspek mengamati rata-rata 81.6 (Terampil), siklus II 90.8 (Sangat Terampil), siklus III 95.4 (Sangat Terampil), mengajukan pertanyaan siklus I rata-rata 74.67 (Terampil), siklus II 86.2 (Sangat Terampil), siklus III 95.4 (Sangat Terampil), merumuskan hipotesis siklus I rata-rata 49.1 (Kurang Terampil), siklus II 64.65 (Cukup Terampil) dan siklus III 95.4 (Sangat Terampil), menerapkan konsep siklus I rata-rata 66.2 (Cukup Terampil), siklus II 96.52 (Sangat Terampil), siklus III 97.24 (Sangat Terampil) dan aspek mengkomunikasikan siklus I rata-rata 82.72 (Terampil), pada siklus II 96.52 (Sangat Terampil) dan siklus III 97.24 (Sangat Terampil). Pada pemahaman konsep pada siklus I rata-rata 70.17, Ds 70.17%, dan Kb 55.17%, pada siklus II rata-rata 77.72, Ds 77.72%, dan Kb 89.19% dan siklus III rata-rata 89.19, Ds 89.19%, dan Kb 86.20%. Disimpulkan, pembelajaran dengan penerapan model Learning Cycle 5E berbantuan virtual Lab. dapat meningkatkan KPS dan pemahaman konsep siswa. Kata kunci : Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Keteramp

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:23
Last Modified: 28 Jul 2023 08:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14060

Actions (login required)

View Item View Item