PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SIMULASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 7 KOTA BENGKULU

Putri, Nova Widya and Eko Swistoro, Warimun and Desy, Hanisa Putri (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SIMULASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PDF SKRIPSI NOVA WIDYA PUTRI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran fisika dengan model Problem Based Learning berbantuan media simulasi terhadap motivasi belajar siswa dan menjelaskan pengaruh pembelajaran fisika dengan model Problem Based Learning berbantuan media simulasi terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design (eksperimen semu). Sampel penelitian diambil menggunakan purposive sampling yang diperoleh kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Uji-T dua sampel independen menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media simulasi terhadap motivasi belajar siswa yaitu thitung = 4,67 > ttabel = 2,00, dan penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media simulasi terhadap hasil belajar siswa juga berpengaruh signifikan yaitu thitung = 5,27 > ttabel = 2,00. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan melalui pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan media simulasi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning berbantuan media simulasi pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Pembelajaran Simulasi, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:25
Last Modified: 28 Jul 2023 08:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14061

Actions (login required)

View Item View Item