PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Wardani, Oktavia Kemala and Sakti, Indra and Indra, Purwanto (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Oktavia Kemala Wardani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas, keterampilan proses sains, dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA1 SMAN 01 Mukomuko yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar observasi keterampilan proses sains. Analisis data belajar fisika dalam penelitian ini dengan mencari nilai rata-rata, standar deviasi (SD), daya serap (DS), dan ketuntasan belajar secara klasikal (KB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 23 (kategori cukup), meningkat pada siklus II menjadi 27 (kategori baik) dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 29 (kategori baik). Hasil belajar pada aspek pengetahuan untuk siklus I diperoleh ketuntasan belajar pengetahuan 66,6%, meningkat pada siklus II menjadi 81,3%, dan meningkat lagi pada siklus III yaitu 90,6%. Keterampilan proses sains yang diperoleh untuk siklus I sebesar 23 (kategori cukup), meningkat pada siklus II menjadi 25 (kategori baik), dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 30 (kategori baik). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar pada konsep usaha dan energi di kelas X IPA1 SMAN 01 Mukomuko. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Model Inkuiri Terbimbing,, Keterampilan p

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:33
Last Modified: 28 Jul 2023 08:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14064

Actions (login required)

View Item View Item