IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA SEMESTER II FKIP UNIVERSITAS BENGKULU MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX PADA KONSEP DASAR LISTRIK

Gusma, Shinta Ena and Koto, Irwan and Eko, Swistoro (2018) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA SEMESTER II FKIP UNIVERSITAS BENGKULU MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX PADA KONSEP DASAR LISTRIK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SHINTA ENA GUSMA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan miskonsepsi konsep dasar listrik yang dialami mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Semester II FKIP Universitas Bengkulu yang berjumlah 57 orang. Miskonsepsi diidentifikasi dengan menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes diagnostik bentuk pilihan ganda (Multiply choice test). Hasil analisis data berdasarkan penelitian menunjukkan dari 57 mahasiswa, sebesar 21,62% mahasiswa termasuk ke dalam kategori tahu konsep, 52,79% mahasiswa termasuk ke dalam kategori kurang pengetahuan, dan 25,59% mahasiswa termasuk ke dalam kategori miskonsepsi. Hasil penelitian dan wawancara menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami miskonsepsi pada konsep hambatan listrik, arus listrik, beda potensial dalam rangkaian seri dan paralel, serta cara pemasangan alat ukur listrik. Kata kunci: Miskonsepsi, Konsep Dasar Listrik, Certainty of Response Index (CRI).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 09:14
Last Modified: 28 Jul 2023 09:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14079

Actions (login required)

View Item View Item