PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP ALAT-ALAT OPTIK KELAS XI SMAN 1 MUKOMUKO (Clasroom Action Research)

Fadilah, Siti and Purwanto, Andik and Eko, Risdianto (2018) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP ALAT-ALAT OPTIK KELAS XI SMAN 1 MUKOMUKO (Clasroom Action Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian tindakan kelas di kelas XI IPA 4 SMAN 1 Mukomuko, yang bertujuan untuk mengukur peningkatan sikap ilmiah, hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada konsep Alat-Alat Optik yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 4 yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap ilmiah pada siklus I sebanyak 8 siswa pada kategori baik, pada siklus II 23 siswa, dan meningkat pada siklus III 28 siswa. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 60% (belum tuntas), meningkat pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar sebesar 80% (belum tuntas), dan meningkat pada siklus III diperoleh ketuntasan belajar sebesar 88,6% (tuntas). Hasil belajar aspek keterampilan pada siklus I diperoleh sebesar 72,26, pada siklus II sebesar 77,8, siklus III sebesar 84, pada predikat terampil. Aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 38 pada kategori aktif, siklus II sebesar 42 pada kategori aktif dan siklus III sebesar 46,5 pada kategori aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan sikap ilmiah, hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA 4 SMAN 1 Mukomuko pada konsep Alat-Alat Optik. Kata kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Sikap ilmiah siswa, Hasil belajar, Aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:09
Last Modified: 01 Aug 2023 03:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14083

Actions (login required)

View Item View Item