IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI SISWA KELAS X IPA 1 DI SMAN 9 KOTA BENGKULU)

Syofiah, Syofiah and Medriati, Rosane and Desy, Hanisa Putri (2018) IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI SISWA KELAS X IPA 1 DI SMAN 9 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
syofiah skripsi PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang mendeskripsikan bagaimana perolehan aktivitas belajar siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran Learning Cycle 7e. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA I di SMAN 9 kota Bengkulu yang berjumlah 28 orang dengan 12 orang siswa laki-laki dan 16 orang perempuan. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes soal keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu 17, kemudian menjadi 20 pada siklus II dan semakin baik pada siklus III yaitu 23,5. Keterampilan berpikir kritis yang diuji adalah keterampilan pada indikator, menafsirkan (memberi makna), menganalisis dan menjelaskan. Skor untuk indikator menafsirkan pada siklus 1 yaitu 29,96 % kemudian meningkat pada siklus II yaitu 42,75% dan pada siklus III dapat diperbaiki menjadi 60,21%. Skor untuk Indikator menganalisis pada siklus 1 nilainya 42,50% dengan meningkat pada siklus II menjadi 54,93% dan pada siklus III meningkat menjadi 71,28%. Untuk Indikator menjelaskan pada siklus 1 nilainya 55,71% meningkat pada siklus II menjadi 73,36% dan pada siklus III meningkat kembali menjadi 75,39%. Dengan demikian model Learning Cycle 7e dapat meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci : Learning Cycle 7e, aktivitas belajar, keterampilan proses sains, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:10
Last Modified: 01 Aug 2023 03:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14085

Actions (login required)

View Item View Item