PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KONSEP GETARAN HARMONIS DI KELAS X MIPA 2 SMAN 3 KOTA BENGKULU (Classroom Action Research)

Amar, Vijar and Nirwana, Nirwana and Indra, Sakti (2018) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KONSEP GETARAN HARMONIS DI KELAS X MIPA 2 SMAN 3 KOTA BENGKULU (Classroom Action Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Vijay Amar (A1E014047).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

ASTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa pada konsep Getaran Harmonis. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 2 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor 24 dalam kategori cukup, siklus II sebesar 28 dalam kategori aktif, dan siklus III sebesar 30 dalam kategori aktif. Hasil Pemahaman konsep fisika pada siklus I diperoleh daya serap sebesar 74,44% dan ketuntasan pemahaman konsep fisika sebesar 52,78 (belum tuntas), meningkat pada siklus II diperoleh daya serap siswa sebesar 77,71% dan ketuntasan pemahaman konsep fisika 77,78% ( tuntas), dan meningkat lagi dibandingkan siklus I dan II yaitu pada siklus III diperoleh daya serap 83,08% dan ketuntasan pemahaman konsep fisika 94,44% (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep fisika. Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Model Pembelajaran Discovery Learning, Aktivitas Belajar Siswa, Pemahaman Konsep Fisika

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:10
Last Modified: 01 Aug 2023 03:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14088

Actions (login required)

View Item View Item